Blogger Widgets Mari Berbagi Kisah Sukses Inspirasi Motivasi

Kamis, 20 Oktober 2016

Cara Darurat Padamkan Api...Don't Be Panic!!

Api, saat kecil menjadi kawan tapi saat besar menjadi lawan. Tanpa dipungkiri, di Indonesia sendiri tren bencana kebakaran semakin meningkat dari tahun ke tahun. Bukan tanpa sebab, semakin bertambahnya jumlah penduduk otomatis akan meningkatkan kemungkinan kecerobohan manusia. Mengetahui cara memadamkan api akan sangat membantu kita siap dalam menghadapi situasi apapun. 


Berikut 5 tips memadamkan api dari Farago:
  1. Mencegah kebakaran karena tabung gas LPG
Saat mencium bunyi mendesis, bau ataupun melihat embun pada tabung gas LPG berarti ada kebocoran pada tabung. Segera bawa keluar dan bawa ke agen atau penjual gas terdekat. Jangan lupa untuk tidak menyalakan api ataupun menghidupkan listrik selama bau gas masih ada di dalam ruangan.
  1. Mematikan api karena microwave atau oven
Pertama – tama, kita tidak boleh panik, tutup pintu microwave dan jauhkan dari jangkauan. Semprotkan alat pemadam kebakaran untuk memadamkan apinya. Jika tidak kunjung padam juga, jangan ragu untuk minta bantuan dari pemadam kebakaran.
  1. Kebakaran karena korsleting listrik
Segera cabut sekering listrik dan matikan stop kontak. Padamkan api dengan alat pemadam kebakaran, hindari memadamkan api dengan air karena sangat tinggi kemungkinan kita akan tersetrum karena sambungan listrik yang masih aktif. Kalau tidak ada, ambil kain basah yang sangat tebal dan lemparkan pada sumber api. Ingat, selalu hubungi petugas pemadam kebakaran saat terjadi kebakaran karena korsleting listrik karena biasanya api yang ditimbulkan lumayan besar.

  1. Mematikan api dari benda terbakar
Segera ambil tutup panci atau baskom lalu tutupkan ke benda yang terbakar. Kalau masih belum padam, ambil kain basah yang sangat tebal dan lingkarkan ke sumber api. Ngomong – ngomong, jangan coba padamkan api di minyak dengan air karena minyak dan air tidak akan menyatu. Salah – salah, api bisa menjalar ke tempat lain dengan mudah.
  1. Mematikan api di kasur terbakar
Biasanya api timbul karena obat nyamuk bakar yang terjatuh dan mengenai kasur, ataupun karena putung rokok yang diletakkan di samping kasur. Cara tercepat untuk memadamkan api di kasur adalah dengan menyiramnya dengan air dan segera bawa kasur ini ke luar rumah secepat mungkin.
Hal yang terpenting saat akan mematikan api adalah kita tetap tenang. Kepanikan justru akan memicu kita melakukan perbuatan yang tidak diperlukan atau justru berbahaya. Jangan lupa untuk selalu mengecek keadaan dan hati – hati dengan api ya!

Sumber : http://farrago.co.id/2016/08/tak-perlu-panik-ini-dia-5-cara-mudah-memadamkan-api/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar