Blogger Widgets Mari Berbagi Kisah Sukses Inspirasi Motivasi

Senin, 15 Agustus 2016

Mari Bergabung Jadi Volunteer Internasional


Berikut ini adalah daftar beberapa organisasi yang membuka program magang atau internship.Masing-masing memberikan syarat serta benefit yang berbeda. Jika kamu tertarik, jangan lupa sesuaikan dengan kemampuan dan minat ya!
1. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO)
Organisasi ini menawarkan program magang yang bisa diikuti oleh mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu. Kamu bisa mengikuti program magang di UNESCO Headquarters dan Field Offices yang terletak di berbagai negara, salah satunya adalah di Jakarta. Magang dilaksanakan dalam kisaran waktu 1-4 bulan.
Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program magang di UNESCO adalah memiliki pengalaman bekerja di organisasi internasional yang berhubungan serta membantu bidang studi yang saat ini sedang kamu tekuni. Selain itu, kamu juga dapat bekerja di lingkungan multikultural yang akan melatih keahlian kamu dalam berbagai bidang.

2. World Wide Fund for Nature (WWF)
Jika kamu termasuk orang yang peduli dengan konservasi lingkungan, mengikuti program magang di WWF bisa menjadi salah satu kesempatan menarik. Program magang di WWF memiliki status yang sama dengan volunteering.
WWF Indonesia membuka kesempatan magang bagi kamu yang tertarik bergabung dengan tim penyelamatan alam dan lingkungan. Dalam magang ini, kamu tidak harus berstatus sebagai mahasiswa. Kesempatan magang dibuka bagi siapa saja!
Pantau terus website resmi WWF Indonesia, http://wwf.panda.org/, dan pastikan kamu selalu mengikuti update kegiatan mereka di berbagai media sosial sehingga ketika nanti kesempatan telah dibuka, kamu tidak akan ketinggalan!

3. Catholic Relief Services (CRS) 
Kesempatan magang di organisasi ini ada dua jenis, yaitu paid internship dan unpaid internship. Sejak Tsunami Project tahun 2005, semua fellow dan intern harus apply ke CRS kantor pusat di Baltimore, Amerika Serikat. Jadi, kamu memiliki kesempatan untuk magang di berbagai country program CRS. Salah satu alasan intern dikelola oleh kantor pusat adalah untuk mengetahui dampak dan potensi intern yang bagus untuk direkrut menjadi staf CRS.


4. ASEAN Foundation/ASEAN Secretariat
Program magang di ASEAN Secretariat membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk tahu lebih banyak mengenai ASEAN dan pengalaman untuk bekerja sebagai orang dalam ASEAN. Program ini dilaksanakan selama satu bulan dan berusaha untuk mengembangkan kreativitas internal dalam menyusun strategi serta mempraktikkan secara langsung ilmu yang ditekuni selama di perkuliahan.
ASEAN Foundation berusaha mengenalkan kepada intern bagaimana sistem kerja ASEAN di berbagai departemen yang berbeda. Tidak hanya dibuka untuk mahasiswa ASEAN saja, program ini dapat diikuti oleh berbagai mahasiswa yang berasal dari luar negara-negara di Asia Tenggara.

5. The United Nations Children's Fund  (UNICEF)
Sebenarnya, UNICEF Indonesia tidak biasa membuka rekrutmen magang secara khusus. Namun jika kamu tertarik, kamu bisa mengirimkan CV dan cover note ke jakarta@unicef.org. Ada beberapa posisi yang terkadang membuka kesempatan untuk internship.
Sedangkan untuk magang di kantor pusat UNICEF, New York, kamu harus berstatus sebagai mahasiswa yang menempuh studi di bidang yang sesuai dengan UNICEF. Prestasi akademikmu juga harus baik dan kamu diwajibkan untuk menunjukkan ketertarikan terhadap bidang yang menjadi ranah dari UNICEF. Selain itu, kamu harus menguasai bahasa Inggris dan satu bahasa asing yang lain. Program magang ini dapat diikuiti oleh mahasiswa S1 maupun S2 di berbagai negara.

6. United Nations Development Programme  (UNDP)

Setiap tahun, UNDP Indonesia membuka kesempatan magang bagi mahasiswa dalam jumlah yang terbatas. Dengan mengikuti magang ini, kamu memiliki kesempatan untuk melihat secara langsung sistem kerja di UNDP. Anda akan dibimbing oleh staf UNDP untuk mendapat pengalaman di berbagai bidang profesional dan membuka diri Anda di lingkungan internasional. Untuk informasi lebih lengkap mengenai magang di UNDP, Anda dapat mengunjungi pranalaberikut ini. 

7. Center for Strategic and International Studies (CSIS)
Posisi magang di CSIS adalah non-payment-based. Program magang ini hanya akan dibuka sesuai kebutuhan proyek yang sedang dijalankan CSIS. Posisi yang biasa dibutuhkan adalah peneliti atau asisten peneliti. Bidang keilmuan yang dibutuhkan juga tergantung pada proyek yang sedang dilaksanakan tersebut.


Banyak organisasi internasional terbuka untuk kamu yang ingin mendaftar dalam program magang. Selain mendapat pengalaman berharga bertaraf internasional, keahlianmu juga akan terasah. Jangan lupa untuk selalu memantau website atau media sosial mereka jika kamu berminat untuk bergabung.
Siap menghadapi tantangan?Jangan sia-siakan masa mudamu! [CN]

Sumber : http://careernews.id/youknow/view/2715-Beberapa-Peluang-Magang-di-Organisasi-Internasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar